Langsung ke konten utama

MASALAH INI PASTI BERLALU

 Hari ini teringat dengan jelas dibenakku ketika memandikan si kecil najla, ibu dan ayah mertuaku saling bertengkar yang dikarenakan masalah uang listrik yg tidak ada. Padahal sudh jatuh tempo kandang yam milik mereka ngisi listrik lagi. Maklum ayam yang harusnya di panen selama 35-40 hari milor smapai hari ini 43 hari sednagkan pengluaran sudah membengkak ketika ayam sduah dewasa.


Mereka berdepat soal usut punya usut utang dari adeik ibu mertuaku yang teramat besar yakni mencapai 100jtan sdngkan ornagnya kabur meningfalakn bftu ja tdk mau brtngjwb. Pdahal sertif tanah yg dipakai punya mertua. Ya alhasil yg membayar hutang mau tdk mau ya hrus mau adalah mrtua sya. Tapi sya yakin bahwa tidak ada cobaan yg d timpakan pd hamba diluar batas kemmpuannya. Dan ini benar ada nya meskipun pahit getir perih hrs melihat kondisi makan pun kdng hnya dg sambal aja. 


Semenjak menikah dg ku suami bsa mengajukan pinjaman yg selanjutknya bsa digunakan untuk mngmbkngb usaha hasilnya bsa buat byar utang. Krna prinsip dr kelrg suami, tanah warisn dr nenknya tdk blh di jual dg alasan apapun sbg bntuk trimakasih dan pnghrgaan brngkli ya.


Ya kita smua hrus mau membyar hutang-hutang trsbut. Dl ketika aq hamil najla saja susah tdk bsa mengkuti ritual yg biasanya ada di kampung sini. Ya balik lagi itu tradisi dr masyrkt sni. Mbrebs mili ketika mbah bilang ya sebisanya ada adanya sakke ndak di pitoni. 


Alhasil dari periode ayam di isi sampai dipanen dan strusnya itu pasti gali libang dan tutup lubang. Sudah 1 tahun 1 bln aku hidup di rumah mrtua d desa. Dan sllu mnyaksikan serta ikut memikirkan itu. Dlu pernh dinaasehati ktika msh mngandung najla, ndk usah ikut pikir. Tp mau bgmna lagi itu ada didepan mataku. Tetapvkepkitian.


Mereka berdebat jual kambing atau mengambil uang jual tanah plosok pedalaman desa dari simbahnya padhl uabg itu mau digunakan untuk nyalon prangkat adek suami. Meskipun itu baru separoh, enath nanti uang dri man lagi yang akan didapatkan mrtua untuk mnutupi itu. Dan akhirnya kambingpun dijual. Padahal itu kambing celengan suami yg rencanya buat bayar spp dia dismt dpan. Krna skstr ini dia cuti krna dosen ga mau mbimbing online pdhl ini masa pandemi corona. Liat aja smtr kmrin dia jg tdk maksilam hnya sproh smt brngkli mbimbing langsung, suami mau ga mau hrus ke kota smg. Pp. Kasihan sbnrnya tp bismillag smoga ada hasil. Namun nyatanya malah sprti ini. Smtr ini dia xuti krna tdk ada biaya dan tdk ada bmbngn prcuma byar kmpus kan jk kondisinya sprt itu. 


Sbnrnya  Iya masoh ada sapi yg dipunya celengan jg buat bayar utang entah nambah uang calonan perangkat. Sdkngn uang utanf suami jg masih puluhan jt. Aku kasihan. Namun aku jg tdk bisa berbuat apa2. Kondisi ekonomi masa pandemi jg sulit. Aku punya najla yg hrus ku emong. Tdak bsa di tinggalkan. Aku jg dilema sbtulnya.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sebuah Pilihan

 Iya aku disemarang adalah plihanku atas ajwaban kejenuhan berada dirumh mertua. Pengen free dom gtu, kumpul nak suami. aku dirumah mertua sudh hampir 2 tahun, mknya aku pngn muali hidup baru untuk cari uang sndiri, berjuang menfmafkahi keluarga, iyaa sesimpel itu. Nambung buat bsa dpat rumah hunian untuk klrg ku. Suami minta dispensasi untuk tdk bekerja selama mengerjakna tugas akhirnya. oke. cm pliss sgra slse.

Astaghfirullahalazim

 Sudah berhari hari badanku pegel semua,,, dan ditambah tamparan keadaaan,,, ckckck gus baha pernah bilang buat apa kita sedih atas hal dunia yg hanya permainan biasa. Ckck. Cemungud bro, bakoh, kuat sekabihane, digdaya dan tangguh, bisa, bisa kelola emosi, tidak bergantung dg mahluk bahagianya. 

Definisi gemati

 Aku tu agak laen jg dengan definisi ini, soale, dari kalangan orangtua spt buyut najla mendefinisikannya semacam mau masakke, ngumbahke, ngewangi gawean rumah orangtua itu masuk definisi ini. Beda lg dg perspktif obrolan skitar sini ya, kaya ⁰⁰0 orang yg kaya uang nya itu dianggap gemati. Alias harus royaal gtu ke ortu. Nah definisi ini aku terapkan smpai smua kebutuhan rt krn pozizi aq ikut mrtua ya,aku ksh smua tu, aku cukupi kbutuhan, masak iya aq masak mrtua jg masak, kdng jg aku sndiri yg masak. Trus soal blnja sudh hampir 6 bln ini smua kbtuhan aku tanggung paling mrtua tu kluarin uang 15% dr kbutuhan harian 85% nya aku. Dari beli minyak, so klin, trus bnjla sayur, blnja bumbu, sabun mandi, shmpo sbun cuci piring aku smuaa. Baru soalnya sini trgolong boros soal blnja harian, krna ngelooos soal makanan. Aku punya ank TK dan PAUD jg smua sangu kbutuhanya dr spatu, baju harian, baju skolah, nabung, smuanya aku n suami. Trus masih2 kalo sma mertua itu masyaAllah harus sabar dimarah2